-->

Tips akreditasi perpustakaan sekolah : 3 Prasarana penting yang wajib anda ketahui

Tips akreditasi perpustakaan sekolah : 3 Prasarana penting yang wajib anda ketahui
Pada tulisan sebelumnya telah dibahas mengenai tips dan trik akreditasi perpustakaan sekolah berkaitan dengan pengembangan koleksi perpustakaan, kali ini kita akan membedah masalah prasarana pendukung yang harus ada di akreditasi perpustakaan sekolah. 
 
Mengenai prasarana, tentunya kita tidak terlepas dari yang namanya gedung, lokasi, dan kondisi perpustakaan yang kesemuanya saling berkaitan satu dengan lainya.

1. Gedung/ruang perpustakaan
Gedung merupakan salah satu syarat adanya perpustakaan, tidak adanya gedung tidak bisa dikatakan perpustakaan. Pada poin ini terbagi menjadi dua pertanyaan yakni luas gedung dan ruang yang tersedia  di gedung itu sendiri.

Pertama, luas gedung memiliki persyaratan minimal 142 M², luas gedung ini tentunya menjadi momok bagi perpustakaan yang berada ditengah kota, bagaimana mungkin sekolah mengadakan gedung seluas itu sementara luas sekolah saja terbatas, atau kalopun terdapat lokasi namun pendanaan tidak memenuhi?. Nah disinilah fungsi trik ini bejalan, pada poin ini pustakawan seyogyanya memutar otak bagaimana hal ini terpenuhi meski secara konsep bangunan perpustakaan tidak memenuhi. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan sudut-sudut sekolah sebagai bagian dari peprustakaan dengan menaruh fasilitas perpustakaan ditempat tersebut, sehingga perhitungan luas gedung ini bisa tercukupi karena model penghitunganya menyeluruh sampai dengan sudut-sudut perpustakaan tersebut.

Kedua, ruang yang tersedia di perpustakaan minimal terdiri dari ruang koleksi, ruang baca, sirkulasi, ruang kerja, dan ruang multimedia, jadi kalau belum memilki ruang tersebut segera diupayakan semaksimal mungkin lokasi yang ada.

2. Lokasi perpustakaan
Lokasi perpustakaan sekolah seyogyanya terdapat di bagian yang mudah dijangkau dari sektor manapun, seperti halnya didepan gerbang sekolah, dekat dengan pusat kegiatan pembelajaran, dekat dengan kelas terbanyak serta dekat dengan ruang guru.

Pada poin ini yang perlu juga diperhatikan selain keberadaan perpustakaan di tengah sekolah, juga pada saat kunjungan akreditasi, upayakan tim assesor diberikan akses masuk menuju perpustakaan melalui pintu atau arah terdekat dengan pintu gerbang utama, karena hal ini bisa menjadi penentu penetapatan asumsi lokasi sebuah perpustakaan

3. Kondisi ruang perpustakaan
Kondisi ruang perpustakaan terbagi menjadi tiga pertanyaan, pertama terkait kebersihan perpustakaan, perpustakaan dipastikan keberadaan semua bagian bersih dari kotoran apapun, tidak dibenarkan terdapat alat atau perangkat apapun yang bisa mengganggu pandangan kebersihan perpustakaan.

Kedua, keberadaan pencahayaan diseluruh ruang perpustakaan (ruang baca, ruang koleksi, ruang kerja, dan lainya) harus terdapat pencahayaan yang bagus, baik melalui pencahayaan alami maupun elektronik

Ketiga, keberadaan sirkulasi udara terpenuhi terutama di ruang baca, ruang koleksi, dan ruang kerja. Hal ini diwajibkan karena berdampak langsung pada kondisi koleksi yang ada, jga terhadap kenyamanan pemustaka saat berada di ruang tersebut.

Demikian sedikit ulasan mengenai trik jitu akreditasi perpustakaan sekolah berkaitan dengan prasarana perpustakaan, jangan lupa tinggalkan komentar dan share informasi ini jika menurut anda bisa bermanfaat bagi sesama. Terima kasih

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkaninformasi seputar perpustakaan disetiap postingan kami
  • Jadilah pembaca pertama yang mengetahui informasi tersebut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel