Minggu, November 18, 2018
Pada tulisan sebelumnya telah
dibahas mengenai tips dan trik akreditasi perpustakaan sekolah berkaitan dengan
pengembangan koleksi perpustakaan, kali ini kita akan membedah masalah
prasarana pendukung yang harus ada di akreditasi perpustakaan sekolah.
Mengenai prasarana, tentunya kita
tidak terlepas dari yang namanya gedung, lokasi, dan kondisi perpustakaan yang
kesemuanya saling berkaitan satu dengan lainya.
1. Gedung/ruang
perpustakaan
Gedung merupakan
salah satu syarat adanya perpustakaan, tidak adanya gedung tidak bisa dikatakan
perpustakaan. Pada poin ini terbagi menjadi dua pertanyaan yakni luas gedung dan
ruang yang tersedia di gedung itu
sendiri.
Pertama, luas gedung
memiliki persyaratan minimal 142 M², luas gedung ini tentunya menjadi momok bagi
perpustakaan yang berada ditengah kota, bagaimana mungkin sekolah mengadakan
gedung seluas itu sementara luas sekolah saja terbatas, atau kalopun terdapat
lokasi namun pendanaan tidak memenuhi?. Nah disinilah fungsi trik ini bejalan,
pada poin ini pustakawan seyogyanya memutar otak bagaimana hal ini terpenuhi
meski secara konsep bangunan perpustakaan tidak memenuhi. Salah satu triknya
adalah dengan memanfaatkan sudut-sudut sekolah sebagai bagian dari peprustakaan
dengan menaruh fasilitas perpustakaan ditempat tersebut, sehingga perhitungan
luas gedung ini bisa tercukupi karena model penghitunganya menyeluruh sampai
dengan sudut-sudut perpustakaan tersebut.
Kedua, ruang
yang tersedia di perpustakaan minimal terdiri dari ruang koleksi, ruang baca,
sirkulasi, ruang kerja, dan ruang multimedia, jadi kalau belum memilki ruang
tersebut segera diupayakan semaksimal mungkin lokasi yang ada.
2. Lokasi
perpustakaan
Lokasi perpustakaan
sekolah seyogyanya terdapat di bagian yang mudah dijangkau dari sektor manapun,
seperti halnya didepan gerbang sekolah, dekat dengan pusat kegiatan
pembelajaran, dekat dengan kelas terbanyak serta dekat dengan ruang guru.
Pada poin ini
yang perlu juga diperhatikan selain keberadaan perpustakaan di tengah sekolah, juga
pada saat kunjungan akreditasi, upayakan tim assesor diberikan akses masuk
menuju perpustakaan melalui pintu atau arah terdekat dengan pintu gerbang
utama, karena hal ini bisa menjadi penentu penetapatan asumsi lokasi sebuah
perpustakaan
3. Kondisi
ruang perpustakaan
Kondisi ruang
perpustakaan terbagi menjadi tiga pertanyaan, pertama terkait kebersihan perpustakaan,
perpustakaan dipastikan keberadaan semua bagian bersih dari kotoran apapun, tidak
dibenarkan terdapat alat atau perangkat apapun yang bisa mengganggu pandangan
kebersihan perpustakaan.
Kedua, keberadaan
pencahayaan diseluruh ruang perpustakaan (ruang baca, ruang koleksi, ruang
kerja, dan lainya) harus terdapat pencahayaan yang bagus, baik melalui pencahayaan
alami maupun elektronik
Ketiga, keberadaan
sirkulasi udara terpenuhi terutama di ruang baca, ruang koleksi, dan ruang
kerja. Hal ini diwajibkan karena berdampak langsung pada kondisi koleksi yang
ada, jga terhadap kenyamanan pemustaka saat berada di ruang tersebut.
Demikian sedikit ulasan mengenai
trik jitu akreditasi perpustakaan sekolah berkaitan dengan prasarana
perpustakaan, jangan lupa tinggalkan komentar dan share informasi ini jika
menurut anda bisa bermanfaat bagi sesama. Terima kasih
Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!
- Dapatkaninformasi seputar perpustakaan disetiap postingan kami
- Jadilah pembaca pertama yang mengetahui informasi tersebut